Apa itu diseminasi?

Diskusi Kelompok Terfokus

Pertanyaannya sederhana, tetapi perlu jawaban yang tegas: apa yang dimaksud dengan diseminasi?

Istilah diseminasi inovasi pertanian dapat diartikan secara  parsial menurut unsur kata pembentuknya yang terdiri dari kata diseminasi dan rangkaian kata inovasi pertanian. Diseminasi, sudah menjadi istilah umum yang digunakan sebagai sinonim dari “penyebaran”. Istilah tersebut dapat digunakan dalam berbagai bidang, baik di sektor pertanian maupun sektor di luar pertanian.baca selanjutnya

Secara etimology kata diseminasi bisa dilihat dalam Merriam Webster Online Dictionary (2008).  Di dalam kamus tersebut dijelaskan bahwa diseminasi berasal dari bahasa Latin disseminatus yang mengandung makna to spread a broad dan to disperse throughout. Pengertian tersebut sejalan dengan istilah dissemination yang juga bermakna  to spread atau to distribute (Hornby, 1974; Echols dan Shadily, 1997).

Atas dasar pengertian itu dalam kaitannya dengan inovasi teknologi pertanian, diseminasi dapat diartikan sebagai kegiatan penyebarluasan teknologi pertanian spesifik lokasi.

Kegiatan diseminasi teknologi pertanian bertujuan meningkatkan adopsi dan inovasi pertanian hasil litkaji melalui berbagai kegiatan komunikasi, promosi dan komersialisasi serta penyebaran paket teknologi unggul yang dibutuhkan dan menghasilkan nilai tambah bagi berbagai khalayak pengguna dan menyelenggarakan kegiatan penyebarluasan materi penyuluhan baik secara tercetak maupun media elektronik (Sulaiman, 2003).

Dalam penyebarluasan itu tersirat adanya harapan atau respon terhadap materi yang disebarluaskan itu. Jadi diseminasi harus merupakan proses penyampaian inovasi yang interaktif, dapat merubah pola pikir dan tindakan orang yang terlibat di dalamnya, termasuk orang yang membawa inovasi itu sendiri (Rogers, 1983).

Dalam kegiatan penelitian, diseminasi dapat dipandang sebagai sebuah proses mengkomunikasikan teknologi hasil penelitian menggunakan beberapa metode penyuluhan melalui media dan bersifat lebih luas dengan tujuan untuk mengubah perilaku sasaran. Perubahan yang diharapkan dari kegiatan diseminasi adalah akan terjadi pada aspek kognitif (pengetahuan – P), afektif (sikap – S) dan psikomotorik (keterampilan – K). Perubahan tersebut menuju ke arah yang sesuai dengan konsep dan cara yang benar atau seharusnya.

Dalam konteks pembangunan pertanian, diseminasi diartikan secara praktis sebagai cara dan proses penyampaian hasil-hasil pengkajian teknologi kepada masyarakat atau pengguna untuk diketahui dan dimanfaatkan (Permentan No 20 tahun 2008). Di dalam Permentan No. 03/ Kpts/HK.060/1/2005, dijelaskan bahwa hasil-hasil pengkajian teknologi di bidang pertanian tersebut merupakan inovasi yang mengandung ilmu pengetahuan baru atau cara baru untuk menerapkan pengetahuan dan teknologi ke dalam produk atau proses produksi.  Inovasi yang dimaksud mencakup teknologi pertanian dan kelembagaan agribisnis unggul mutakhir hasil temuan atau ciptaan Badan Litbang Pertanian (Simatupang, 2004).

Dari uraian di atas,  dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud diseminasi inovasi pertanian adalah kegiatan menyebarluaskan  teknologi dan rekayasa kelembagaan yang unggul, temuan Badan Litbang Pertanian.

Tentang Rachmat Hendayana

Ia tinggal di Perumahan Ciomas Permai Blok D4 No:1 Bogor, 16610. Pekerjaan sehari-hari sebagai peneliti bidang sosial ekonomi pertanian.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Apa itu diseminasi?

  1. Mr WordPress berkata:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan komentar